Music and Sports Blog's


Nasib tragis dialami juara Piala Dunia 1998 Prancis.Langkah Les Bleus terhenti di babak penyisihan Grup A Piala Dunia 2010. Sejarah Prancis pada Piala Dunia 2002 Korea Selatan-Jepang terulang.

Mereka gagal lolos ke babak knockout karena performa buruknya sepanjang perhelatan Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Di Grup A, Franck Ribery dkk hanya mampu mengoleksi 1 poin, hasil imbang saat bertemu Uruguay 0-0 pada laga pembuka grup tersebut. Selebihnya Les Bleus tak berdaya. Saat berhadapan dengan Meksiko,pasukan Raymond Domenech tersebut dipermalukan 0-2.

Begitu pun ketika bertemu tuan rumah Afrika Selatan (Afsel) pada laga penentu di Free State Stadium tadi malam,mereka kalah 1-2.Kondisi itu benar-benar membuat Prancis menangis. Gol pertama Afsel dibukukan defenderBunganiKhumalopadamenit ke-20 memanfaatkan umpan Siphiwe Tshabalala dari sepak pojok. Khumalo sukses menyundul bola ke jala gawang yang dijaga Hugo Loris.






Tragisnya, belum sampai memberikan gol balasan, Prancis sudah kehilangan salah satu pilarnya, Yoann Gourcuff. Midfielder milik Bordeaux tersebut di kartu merah wasit asal Kolombia Oscar Ruiz setelah menyikut pemain Afsel Tshabalala pada menit ke-26. Akibatnya, serangan pasukan Bafana-Bafana tersebut makin menggelora karena timpangnya lini tengah Les Bleus.Puncaknya,tim asuhan pelatih asal Brasil Carlos Alberto Parreira itu mampu menambah kemenangan lewat gol striker Katlego Mphela pada menit ke-37.

Gol tersebut tercipta setelah Tsepo Masilela mengirimkan umpan dari sisi kiri dan bola jatuh di kaki Mphela. Memenangi perebutan bola dengan Gael Clichy,Mphela akhirnya menceploskan bola ke gawang Prancis. Setelah turun minum, Prancis makin mempertajam serangannya. Puncaknya,mereka mampu memperkecil kekalahan lewat gol midfielder Florent Malouda pada menit ke-70.Namun,hal itu tidak mampu membantu Les Bleus dari kegagalan.

Mereka kalah dan harus tersingkir dari persaingan grup. Kondisi ini benar-benar mirip dengan penampilan mereka pada Piala Dunia 2002.Saat itu,mereka yang berstatus juara 1998, tak mampu berbuat banyak. Prancis gagal menyarangkan satu gol pun ke gawang Senegal, Uruguay, dan Denmark sehingga gagal melaju ke babak berikut. Begitu pun di Piala 2010, dengan status runnerup Piala Dunia 2006 Jerman, Les Bleus juga tak berdaya menghadapi persaingan dengan Uruguay, Meksiko, dan Afsel.

Hanya, berbeda dengan Piala Dunia 2002 yang tak bisa meraih satu gol pun, kali ini Prancis menorehkan satu gol lewat Malouda. Tapi, apa pun kegagalan Prancis pada turnamen sepak bola dunia kali ini memang telah terlihat tanda-tandanya sejak awal.Di luar faktor teknis kekalahan dari Meksiko dan bermain imbang dengan Uruguay, masalah internal telah menggerogoti mereka.

Perpecahan yang melibatkan pemain, pelatih, dan manajemen itu disinyalir jadi penyebab utama buruknya performa tim Ayam Jantanpada ajang Piala Dunia kali ini. Bahkan, setelah striker Nicolas Anelka dipulangkan ke Paris oleh Domenech, kemarin giliran ban kapten Patrice Evra yang dicopot. Posisi kapten sendiri kemudian digantikan Alou Diarra.

Evra yang pemain Manchester United itu memang bersuara paling keras menyusul keputusan pemulangan Anelka. Bahkan, dia juga menyerukan pemogokan latihan sehingga menimbulkan pertengkaran dengan pelatih kebugaran Robert Duverne saat latihan Minggu (20/6) lalu. Yang pasti, untuk Grup A, Uruguay dan Meksiko dipastikan lolos ke fase knock out.Bahkan,Uruguay tampil sebagai grup dengan 7 poin.

Sukses itu dipastikan Diego Forlan dkk setelah pada laga penentu di Royal Bafokang yang digelar pada saat bersamaan,Uruguay unggul 1-0atas Meksiko. Gol semata Los Celestes –julukan Uruguay–dicetak striker Luis Suarez pada menit ke-43. El Tri–julukan Meksiko–sendiri tetap lolos ke babak gugur karena unggul selisih gol atas Bafana-Bafana.

Meski sama-sama mengantongi 4 poin, Cuahtemoc Blanco unggul gol +1, sementara Afsel mencatat gol -2. ”Hal yang paling penting bagi kami sekarang adalah lolos ke babak berikut dan menempati posisi puncak di Grup A,”ujar Forlan.

laporan oleh : Rudi_Bantet



06.14



1 response to "Prancis Tersingkir secara Tragis"

  1. Anonim mengatakan...

    Pendapat saya adalah.......
    Terima kasih


Posting Komentar

guest chat


ShoutMix chat widget

Blog Archive

IKLAN MINI